Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan

>> Monday, April 12, 2010

Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan sangat banyak. Belum tahu ? Pernah lihat kucing makan rumput teki sebelum kawin ? Kira-kira mengapa ? Kita perlu sedikit menengok Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan. Kandungan kimia umbi rumput teki yang diduga memberikan efek khasiatnya antara lain adalah senyawa Siperon, Aselinen, Siperen, Siperotundon, Patkhulenon, Sugeonol, Kobuson, dan Isokobuson.

Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan sangat banyak. Coba kita di dalam konsep pengobatan tradisional China, umbi teki mempunyai sifat yang mendinginkan. Secara empiris umbi teki telah digunakan masyarakat China dan India sebagai peluruh haid.

Sebuah studi di China menunjukkan bahwa pemakaian umbi teki sebanyak 6-9 gram, baik secara tunggal maupun dalam kombinasi dengan tanaman lain dapat mengatasi ketidakteraturan haid dan meringankan gejala yang timbul karena sindroma masa haid, seperti rasa nyeri, pusing dan mual. Hal ini menunjukkan bahwa Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan sangatlah penting. coba kita lihat lagi berikut ini :

Dalam pengobatan Ayurveda di India. Selain untuk mengatasi Dismenore(haid yang tidak teratur), teki juga banyak dipakai untuk mengatasi demam dan gangguan saluran pencernaan.

Dalam ramuan tradisional Indonesia, teki digunakan dalam bentuk campuran yaitu, dengan rebusan umbi teki bersama dengan rimpang jahe. Air rebusan itu diminum untuk mengatasi nyeri haid. Umbi ini juga digunakan untuk mengatasi kejang perut dan pelancar air seni (Diuretik).

Rebusan umbi teki sangat baik untuk penawar racun/antidotum berbagai bahan beracun. Umbi segar yang dihancurkan sehingga berbentuk pasta kerap digunakan sebagai bobok pada payudara Ibu yang sedang menyusui. Karena secara empiris terbukti efektif memperlancar pengeluaran air susu.

Umbi juga kadang digunakan untuk meningkatkan daya ingat.

Selain untuk mengatasi gejala sindroma pra menstruasi, pemanfaatan umbi teki terutama sekali untuk mengatasi gangguan pencernaan. Mengurangi kembung dan gas di lambung dan usus.

Umbi teki merupakan bahan obat anti muntah karena dapat menekan rasa mual, dan bermanfaat untuk mengurangi gejala morning sickness selama masa kehamilan, walaupun keamanan terhadap janin belum diketahui.

Dalam pengobatan alternatif modern, penggunaan umbi teki ditujukan untuk mengatasi muntah, demam dan radang, mengurangi rasa nyeri dan untuk mengurangi ketegangan otot.

Umbi teki juga mempunyai sifat-sifat sebagai antihelmintik (obat cacing), anti bakteri, astringensia. Efeknya yang menenangkan sangat membantu untuk mengatasi depresi. Teki juga dapat membantu pengobatan berbagai kanker mulut rahim.

Walaupun rasanya pahit, tetapi umbi teki mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi, sumber mineral dan traceelement (unsur tambahan) yang penting sehingga masyarakat sering memanfaatkannya sebagai bahan makanan.

Nah kan, tapi kita tidak mengajari untuk meniru kucing atau kambing lho, kita hanya coba menguraikan beberapa manfaat dari rumput teki yang sering kita injak-injak. Ternyata Manfaat Rumput Teki Untuk Kesehatan sangat banyak, dari pada kita mengandalkan suplemen obat-obat kimia yang dalam jangka panjang dapat merusak ginjal kita, mending kita coba beralih ke obat-obat tradisional warisan nenek moyang, oce ...


Hasil Pencarian :

1 comments:

Anonymous,  March 25, 2011 at 6:49 PM  

apakah umbi rumput teki mengandung karbohidrat???

Post a Comment

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP