Manfaat Buah Nanas

>> Friday, May 14, 2010

Apasih manfaat nanah, eh nanas untuk kesehatan ? Kayaknya tuh nanas hanya dibikin buah pencuci mulut aja, tapi kita ga tau apa manfaat nanas bagi kesehatan tubuh kita. Nanas adalah buah yang sangat banyak mengandung zat-zat ataupun vitamin bagi tubuh kita. Tidak hanya rasanya yang segar, tapi juga sangat berperan penting bagi tubuh kita.

Manfaat buah nanas sangat banyak antara lain untuk kecantikan, wajah (cewek maksudnya, kalau cowok berarti redaksinya untuk kegantengan atau ketampanan seorang pria), untuk melangsingkan tubuh, dan lain sebagainya. Bahkan kalau kita mau sedikit telaten ternyata mata nanas yang kita buang bisa dibuat Nata lho, sebabnya teman-temanku satu jurusan pernah nyobain, meskipun hasilnya tak sebagus nata dari air kelapa. Itu hanya teknis saja, yang jelas dengan pembuatan nata dari mata nanas berarti itu teknologi benefisiasi sekali dimana mata nanas yang notabene sampah bisa di sulap menjadi Nata, dan nata sangat kaya akan serat, Nah berapa banyak manfaat serat bagi tubuh kita ?

Buah yang kulitnya dipenuhi sisik emas ini membuat sistem pertahanan tubuh menjadi lebih solid. Kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, serta, dan enzim bromelain yang tersimpan dan buah nanas merupakan peluru tangguh yang bisa meng-KO serbuan penyakit-penyakit serius, seperti tumor, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), dan beri-beri.

Nanas memang berpotensi menjadi tanaman obat. Menurut Dr. Setiawan Dalimartha dalam bukunya yang berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia,enzim bromelain dalam buah nanas berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan mencegah terjadinya penggumpalan darah (blood coagulation).

Kandungan serat nanas yang cukup tinggi, cocok mengobati sembelit. Makan buah nanas, sama artinya mengonsumsi obat pencahar (konstipasi). Efeknya, buang air besar yang tadinya tersendat, menjadi lancar kembali. Nanas juga cukup baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang sakit. Dalam nanas terkandung zat-zat yang dapat meningkatkan penyerapan obat ke dalam tubuh.

Nah kan, beberapa informasi tentang manfaat nanas sudah kita uraikan di atas, tinggal bagaimana kita memaknainya. Ingat Tuhan tidaklah sia-sia menciptakan benda-benda di muka bumi, semua ada manfaatnya, semua ada nilai gunanya.


Hasil Pencarian :

1 comments:

Minute Maid Pulpy July 28, 2011 at 3:22 AM  

Terima kasih banyak untuk informasinya.

Post a Comment

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP