Manfaat Teh Rosella

>> Friday, May 7, 2010

Pada posting kali ini kita akan membahas tentang manfaat teh Rosella, minuman ringan yang gak bikin pahit lidah. Ternyata bunga rosella yang selama ini kita budidayakan sebagai tanaman hias di halaman rumah ternyata punya manfaat yang besar untuk kesehatan. Kalau pada postingan terdahulu kita pernah membahas tentang teh bunga sepatu yang ternyata sangat bagus untuk penderita diabetes. Kali ini kita coba membahas Bagaimana Bunga Rosella kita sulap menjadi Teh Kesehatan. Sudah banyak lho di pasaran, kita bisa membeli di minimarke. Atau tentang manfaat teh Mahkota dewa yang sudah teruji secara klinis.


Teh satu ini sangat berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol, diabetes, hipertensi, hingga asam urat. Teh ini juga berkhasiat mencegah oesteporosis dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil dan bayi di dalam kandungannya.Teh yang berasal dari tanaman Rosella ini juga berfungsi mengatasi batuk, sakit tenggorokan, dan sariawan. Rosella ini juga bisa menjaga kehalusan kulit dan keriput. Khasiat lainnya adalah melancarkan buang air besar.

Tanaman rosella ini berasal dari India dan Afrika. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah dengan aroma yang khas dan memiliki rasa yang asam, namun menyegarkan dan menyehatkan. Tanaman bernama Latin Hibiscus sabdariffa ini sedang naik daun. Padahal sejatinya tanaman ini sudah lama ada di Indonesia. Hanya saja, ia disebut dengan nama yang berbeda di setiap daerah.

Kelopak Rosella bisa dikonsumsi dalam bentuk segar maupun dalam bentuk seduhan seperti teh. Di Mexico, bagian selatan California, dan Thailand, kelopak Rosella kering yang dimanfaatkan dengan cara diseduh seperti teh sangat populer dengan sebutan Jamaica, atau aqua de Jamaica. Di Senegal, teh Rosella dikenal dengan nama jus de bissap. Masyarakat Gambia menyebutnya wanjo, zobo, atau tsobo. Di Turki, kelopak Rosella kering yang disajikan dalam bentuk teh disebut Karkade (dibaca “kar-kahday”). Karkade sendiri konon merupakan cara bangsa Arab menyebut teh manis. Mungkin karena kelezatannya itulah teh Rosella menjadi minuman kaum bangsawan Mesir kuno dan dijadikan semacam ritual “toast” pada perayaan pesta pernikahan di Sudan. Kelopak Rosella segar juga dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk makanan seperti puding, campuran salad, hingga selai dan sirup.

Sayangnya, kadar antioksidan dalam kelopak Rosella menjadi berkurang jika dikeringkan dengan proses pemanasan (dipanggang dalam oven). Kadar senyawa berkhasiat yang terkandung dalam kelopak Rosella berada pada tingkat tertinggi jika dikonsumsi dalam bentuk segar.

Teh Rosella sebagai Antikanker dan Antihipertensi

Di antara banyak khasiatnya, Rosella diunggulkan sebagai herba antikanker dan hipertensi. Ini sesuai dengan uji pra klinis yang dilakukan oleh Yun Ching Chang, seorang peneliti dari Institute of Biochemistry and Biotechnology, Chung Shan Medical University di Taiwan. Yun Ching Chang menemukan bahwa pigmen alami dari kelopak kering Rosella terbukti efektif dalam menghambat dan sekaligus mematikan sel kanker HL-60 (kanker darah atau leukemia). Pigmen ini juga berperan dalam proses apoptosis (bunuh diri) sel kanker.

Mengingat begitu banyak manfaat dari teh rosella untuk kesehatan maka ada baiknya hal ini kita perhatikan, tidak ada salahnya kita mencoba. Minuman alami itu jauh lebih baik dari pada minuman-minuman yang mengandung zat-zat kimia apalagi alkohol yang jelas akan merusak tubuh kita



Hasil Pencarian :

2 comments:

Admin May 14, 2010 at 4:29 AM  

Silakan saja, ilmu pengetahuan kan untuk disebarkan, lebih baik lagi kalau sumbernya ditulis ...he...3x

Post a Comment

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP