Manfaat Jarak Pagar untuk Kesehatan

>> Friday, December 2, 2011

Manfaat Jarak Pagar untuk Kesehatan banyak sekali. Tanaman ini mudah dikembangkan di Indonesia, sehingga tidak ada kesulitan bagi kita untuk mencarinya. Jaman dahulu tanaman ini digunakan untuk pagar rumah atau kebun, tetapi sekarang sudah mulai dibudidayakan untuk pembuatan biodiesel atau tanaman obat.

Jarak Pagar yang sering disebut dalam bahasa Latin Jatropha curcas L. termasuk ke dalam famili Euphorbiaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah jarak costa, jarak wolanda, bindalo, atau balacai hisa.


SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini kayadengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a. l:

N-1-trikontanol, alpha-amirin, kampesterol, stigmast-5-ene-3beta, 7 alpha-diol, stigmaterol, beta-sitosterol, iso-viteksin, 7-keto-beta sitosterol dan HCN.

Efek Farmokologis : Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat: rasapahit, astringens, sejuk, beracun. Melancarkan darah (stagnant blood dispeling), menghilangkan bengkak(anti swelling), menghentikan pendarahan (hemostatik), menghilangkan gatal (anti pruritic).

Bagian tanaman yang digunakan : Efek farmakologi ini dari penggunaan daun segar.

Manfaat Jarak Pagar untuk Kesehatan :

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Bengkak terpukul, terkilir,luka berdarah. Daun segar dicuci bersih, kemudian diremukkan, tempel ke bagian yang sakit.

2. Gatal-gatal, eksema, jamur pada kaki, kerion (penyakit bagian kulit yang berambut). Daun segar dipanaskan diatas api sampai menjadi lemas, kemudian diremas untuk pemakaian setempat.

3. Lepra. Daun dilumatkan sampai menjadi bubur, tempelkan ke bagian sakit dan dibalut.

4. Borok yang tidak sembuh-sembuh (chroniculcer). Minyak dari buah dicampur dengan vaselin, dipakai sebagai saleb.

5. Penyubur rambut. Kulit kepala dibasahi dengan minyak jarak pagar, sambil dipijat-pijat, lakukan seminggu sekali.

6. Rematik. Daun segar 10lembar dicuci lalu ditumbuk halus-halus, diremas dengan air hangat secukupnya untuk melumur dan menggosok bagian yang sakit. Sehari dilakukan 2 kali.
sumber

Semoga postingan tentang Manfaat Jarak Pagar untuk Kesehatan bermanfaat bagi kita semua

Hasil Pencarian :

2 comments:

turun berat badan December 27, 2011 at 11:00 PM  

wah belum pernah nyoba nih,
sapa tau kan benar2 cocok sama saya

Admin December 28, 2011 at 12:39 AM  

Silakan, tapi obat luar lho ya, jangan diminum

Post a Comment

  © Blogger template Webnolia by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP